Pengertian OSPF Packet Dengan Penjelasannya

OSPF merupakan protokol routing yang sedikit lebih rumit. OSPF akan menggunakan 5 jenis paket data OSPF (OSPF Packet) yang kesemuanya digunakan dalam tahapan pertukaran informasi routing (routing update). Kelima jenis paket OSPF ini akan digunakan baik pada saat router-router akan berusaha mencapai kondisi adjacency maupun pada saat router-router tersebut akan saling mengirimkan informasi routing.
Hello Packet OSPF

Kelima paket OSPF tersebut adalah sebagai berikut:
  • Helllo Packet 
  • DataBase Description (DBD) Packet
  • Link State Request (LSR) Packet
  • Link State Update (LSU) Packet
  • Links State Ack (LSAck) Packet
Hello Packet
Hello Packet merupakan packet OSPF yang sangat penting, Karena paket OSPF inilah yang akan menentukan apakah router-router yang bertetangga dapat mencapai kondisi adjacency atau tidak. Jika kondisi adjacency tidak tercapai maka tidak akan terjadi pengiriman LSA antar router tersebut dan dengan tidak terkirimnya LSA maka pertukaran informasi routing juga tidak akan terjadi. Dan jika tidak terjadi pertukaran informasi routing maka jaringan tidak mencapai kondisi convergence. Network-network Anda tidak akan terhubung satu sama lainnya.
Hello Packet adalah paket yang hanya dikirimkan kepada router tetangga melalui interface router yang telah diaktifkan routing protokol OSPF.

DataBase Description (DBD) Packet
DBD Packet digunakan untuk kepentingan sinkronisasi Link State Database. DBD Packet berisi ringkasan Link State Database. DBD Packet berisi ringkasan Link State Database dan akan dikirimkan ke router lain. Router yang menerima DBD Packet tersebut akan membandingkan dengan Link State Database yang dimilikinya untuk kemudian disinkronkan DBD Packet dikirimkan secara unicast dengan mengggunakan IP Address dari router yang akan dituju.

Link State Request (LSR) Packet
LSR Packet digunakan sebuah router untuk meminta informasi yang ada dalam Link State Database milik router lain. Informasi ini bisa saja informasi spesifik maupun informasi ambahan yang dimiliki oleh router lain. LSR Packet juga dikirimkan dalam bentuk komunikasi unicast.

Link State Update (LSU) Packet
LSU Packet merupakanpaket yang berisi informasi routing dari setiap router. Indormasi routing ini bersala dari Link State Database. LSU Packet merupakan jawaban dari LSR Packet. LSU Packet dikirimkan secara unicast.
Penggunaan istilah LSU dan LSA terkadang bisa membingungkan karena LSA juga merupakan informasi routing yang dikirimkan oleh router OSPF. LSU packet sebenarnya merupakan paket yang membawa sekumpulan LSA.

Ada tujuh jenis LSA yang dapat dibawa oleh sebuah LSU Packet. ketujuh LSA tersebut kesemuanya digunakan untuk melakukan update informasi routing (routing upadate).

LSAck. Packet
LSA Acknowledgment atau LSasck merupakan paket yang berguna untuk memberitahukan kepada router pengirim LSU bahwa LSU Packet telah diterima.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Pengertian OSPF Packet Dengan Penjelasannya"

  1. Pengertian Ospf Packet Dengan Penjelasannya - Ngoprek Programming >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Pengertian Ospf Packet Dengan Penjelasannya - Ngoprek Programming >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Pengertian Ospf Packet Dengan Penjelasannya - Ngoprek Programming >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus

Silahkan berkomentar sesuai tema, gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar (no iklan, no porn, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM. Terima Kasih.